aing

Foto saya
sukabumi, jabar
teing ah juwet

27.3.10

Jacques de Molay

Yakobus Molay (Perancis: Jacques de Molay) (c. 1240/1250 - Maret 1314 [1]) adalah tanggal 23 dan terakhir Grand Master dari Ksatria Templar, memimpin Orde dari April 20, 1292 sampai ordo ini dibubarkan oleh perintah Paus Klemens V pada 1312. [2] Meskipun sedikit yang diketahui tentang kehidupan nyata dan perbuatan kecuali tahun-tahun terakhirnya sebagai Grand Master, ia adalah yang paling terkenal Templar, bersama dengan Orde pendiri dan pertama Grand Master, Hugues de Payens ( 1070-1136). Jacques de Molay tujuan sebagai Grand Master adalah untuk mereformasi Ordo, dan menyesuaikan ke situasi di Tanah Suci selama hari-hari memudarnya Perang Salib. Sebagai dukungan Eropa untuk Perang Salib telah menyusut, kekuatan lain sedang bekerja yang berusaha membubarkan Ordo dan mengklaim kekayaan Templar sebagai milik mereka. Raja Philip IV dari Perancis, sangat berhutang kepada para Templar, telah Molay dan banyak lainnya Templar Perancis ditahan di 1307 dan disiksa untuk membuat pengakuan palsu. Ketika Molay kemudian menarik pengakuannya, Philip telah dia dibakar di tiang pancang di sebuah pulau di Seine sungai di Paris, pada bulan Maret 1314. Akhir yang tiba-tiba baik dari berabad-abad urutan berusia Templar, dan eksekusi dramatis dari pemimpin terakhir, berbalik Jacques de Molay menjadi tokoh legendaris. Urutan persaudaraan Freemasonry, yang datang ke menonjol di tahun 1700-an, juga telah ditarik atas Templar sendiri mistik untuk ritual dan adat istiadat, dan hari ini ada banyak organisasi-organisasi modern yang menarik inspirasi dari memori Jacques de Molay.
Isi [hide]
1 Pemuda
2 Grand Master
2,1 Perjalanan ke Perancis
3 Penangkapan
4 Kematian
4,1 Chinon Perkamen
5 Interpretasi Chinon Perkamen
6 Legends
6,1 Penaklukan Yerusalem
6.2 Kain Kafan dari Turin
6,3 Kutukan
6,4 Freemasonry
7 Referensi
8 Sumber
9 Bacaan lebih lanjut
10 Pranala luar
[Sunting] Pemuda

Sedikit yang diketahui tentang kehidupan awal tahun, tapi Jacques de Molay mungkin lahir di Molay, Haute-Saône di wilayah Burgundi, pada saat sebuah wilayah yang dikuasai oleh Otto III sebagai bagian dari Kekaisaran Romawi Suci, dan di zaman modern dalam daerah Franche-Comté, timur laut Perancis. Tahun kelahirannya tidak pasti, tetapi menilai dari pernyataan yang dibuat selama persidangan kemudian, mungkin antara 1240 dan 1250. Ia lahir karena kebanyakan kesatria Templar itu, dalam sebuah keluarga bangsawan kecil atau menengah. [1]


Pentahbisan Jacques de Molay pada tahun 1265 sebagai seorang Ksatria Templar, di Beaune commandery. Lukisan oleh Marius Granet (1777-1849).
Pada tahun 1265, sebagai seorang pemuda, ia diterima ke dalam Ordo Templar di sebuah kapel di Beaune House, oleh Humbert de Pairaud, para Pengunjung Prancis dan Inggris. Templar terkemuka lain yang hadir adalah Amaury de la Roche, Master Templar provinsi Perancis. [2] [3]
Sekitar 1270, Molay pergi ke Timur (Outremer), meskipun sedikit dikenang dari kegiatan untuk 20 tahun ke depan. [3]
[Sunting] Grand Master

Setelah Kejatuhan Acre ke Mamluk di Mesir 1291, kaum Frank (Eropa) yang mampu melakukannya mundur ke pulau Siprus. Itu menjadi markas besar berkurang Kerajaan Yerusalem, dan operasi dasar untuk masa depan upaya militer oleh pasukan Salib terhadap Mamluk Mesir, yang bagi sebagian mereka secara sistematis menaklukkan Tentara Salib terakhir ada benteng di daratan. Templar di Siprus termasuk Jacques de Molay dan Thibaud Gaudin, 22 Grand Master. Selama pertemuan berkumpul di pulau pada musim gugur 1291, Jacques de Molay berbicara tentang mereformasi Order, dan menempatkan diri maju sebagai alternatif Grand Master saat ini. Gaudin meninggal sekitar 1292, dan karena tidak ada pesaing serius lain untuk peran pada waktu itu, Molay segera terpilih. Pada musim semi 1293, ia mulai tur Barat untuk mencoba dan mengumpulkan lebih banyak dukungan untuk merebut kembali Tanah Suci. Mengembangkan hubungan dengan para pemimpin Eropa seperti Paus Bonifasius VIII, Edward I dari Inggris, James I dari Aragon dan Charles II dari Naples, Molay tujuan langsung adalah untuk memperkuat pertahanan Siprus, dan membangun kembali pasukan Templar. [4] Dari perjalanannya, dia mampu mengamankan otorisasi dari beberapa raja untuk pasokan ekspor ke Siprus, tetapi tidak dapat memperoleh komitmen yang kuat untuk Perang Salib baru. [5] Ada pembicaraan merger Templar dengan salah satu perintah militer lainnya, para Ksatria Hospitaller. Grand Masters dari kedua perintah menentang seperti merger, tapi tekanan meningkat dari Kepausan.
Diketahui bahwa Molay mengadakan dua pertemuan umum perintah di selatan Perancis, di Montpellier pada 1293 dan di Arles pada 1296, di mana ia mencoba untuk membuat reformasi. Pada musim gugur 1296 Molay kembali di Siprus untuk mempertahankan perintahnya bertentangan dengan kepentingan Henry II dari Siprus, yang mempunyai akar konflik kembali di masa Guillaume de Beaujeu.
Dari 1299-1303, Jacques de Molay terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan serangan baru terhadap Mamluk. Rencananya adalah untuk mengkoordinasikan tindakan-tindakan antara perintah militer Kristen, Raja Siprus, aristokrasi Siprus, kekuatan Cilician Armenia, dan sekutu potensial baru, bangsa Mongol dari Ilkhanate (Persia), untuk menentang Mamluk Mesir dan merebut kembali kota pesisir Tortosa di Suriah.


Ghazan, penguasa Mongol dari Ilkhanate, mencari aliansi Franco-Mongol dengan Tentara Salib terhadap Mamluk Mesir, namun tidak pernah berhasil mengkoordinasikan tindakan militer
Selama beberapa generasi, ada komunikasi antara Mongol dan Eropa terhadap kemungkinan menempa aliansi Franco-Mongol terhadap Mamluk, tetapi tidak berhasil. Bangsa Mongol telah berulang kali berusaha untuk menaklukkan Suriah sendiri, setiap kali dipaksa kembali baik oleh Mamluk Mesir, atau harus mundur karena perang saudara di dalam Kekaisaran Mongolia, seperti meminta untuk mempertahankan dari serangan dari Mongol Golden Horde ke utara. Pada 1299, para Ilkhanate lagi berusaha untuk menaklukkan Suriah, memiliki beberapa keberhasilan awal terhadap Mamluk dalam Pertempuran Wadi Al-Khazandar pada bulan Desember 1299. Pada 1300, Jacques de Molay dan kekuatan lain dari Siprus mengumpulkan armada kecil dari 16 kapal yang melakukan penggerebekan di sepanjang pantai Mesir dan Suriah. Gaya yang diperintahkan oleh Raja Henry II dari Yerusalem, raja Siprus, disertai oleh saudaranya, Amalric, Tuhan dari Tirus, dan kepala-kepala perintah militer, dengan duta besar dari pemimpin Mongol Ghazan juga hadir. Kiri kapal Famagusta pada 20 Juli 1300, dan di bawah kepemimpinan Laksamana Baudouin de Picquigny, menggerebek pantai Mesir dan Suriah: Rosette, [6] Alexandria, Acre, Tortosa, dan Maraclea, sebelum kembali ke Siprus. [7]
The Cypriots kemudian siap untuk menyerang Tortosa pada akhir tahun 1300, mengirim pasukan bersama ke daerah pemanggungan di pulau Ruad, dari serangan yang diluncurkan di daratan. Tujuannya adalah untuk membangun jembatan Templar untuk menunggu bantuan dari Ghazan's Mongol, tetapi gagal Mongol muncul di 1300. Hal yang sama terjadi pada 1301 dan 1302, dan akhirnya pulau hilang dalam Pengepungan Ruad pada September 26, 1302, menghilangkan Tentara Salib 'pijakan terakhir di dekat daratan.
Menyusul hilangnya Ruad, Molay meninggalkan taktik pasukan muka kecil, dan bukannya memasukkan energi ke dalam berusaha untuk meningkatkan dukungan untuk mayor baru Perang Salib, serta penguatan otoritas Templar di Siprus. Ketika perebutan kekuasaan meletus antara Raja Henry II dan saudaranya Amalric, didukung Templar Amalric, yang mengambil mahkota dan saudaranya diasingkan tahun 1306. Sementara itu, peningkatan tekanan di Eropa bahwa para Templar harus digabung dengan perintah militer lain, mungkin semua ditempatkan di bawah kekuasaan satu raja, dan bahwa individu itu harus menjadi Raja Yerusalem baru ketika ditaklukkan. [8]
[Sunting] Perjalanan ke Perancis
Pada tahun 1305, yang baru terpilih Paus Klemens V meminta para pemimpin militer pesanan untuk pendapat mereka mengenai perang salib baru dan penggabungan perintah. Jacques de Molay diminta untuk menulis memo pada setiap masalah, yang ia lakukan selama musim panas 1306. [9] Molay menentang merger, alih-alih percaya bahwa memiliki perintah militer terpisah adalah posisi yang lebih kuat, sebagai misi dari masing-masing order agak berbeda. Dia juga dari keyakinan bahwa jika ada menjadi perang salib baru, perlu untuk menjadi besar, sebagai upaya yang lebih kecil tidak efektif. [8] [10]
Pada tanggal 6 Juni, para pemimpin baik Templar dan Hospitaler secara resmi diminta datang ke kantor Kepausan di Poitiers untuk membahas masalah ini, dengan tanggal rapat yang dijadwalkan sebagai All Saints Day tahun 1306, walaupun kemudian terpaksa ditunda karena penyakit Paus dengan gastro-enteritis. Molay meninggalkan Siprus pada 15 Oktober, tiba di Perancis pada akhir 1306 atau awal 1307, namun pertemuan itu kembali ditunda sampai akhir Mei karena penyakit Paus. [10]
Raja Philip IV dari Perancis sedang berperang dengan Inggris, dan banyak utang kepada para Templar. Ia mendukung menggabungkan Pesanan di bawah komandonya sendiri, untuk membuat dirinya Rex Bellator atau Perang Raja, tetapi Molay menolak ide ini. Philip sudah bertentangan dengan kepausan, mencoba pajak ulama, dan telah berusaha untuk menegaskan otoritasnya sendiri sebagai lebih tinggi dari Paus. Untuk ini, salah satu pendahulu Clement, Paus Bonifasius VIII, telah berusaha untuk memiliki Philip dikucilkan, tapi Philip kemudian telah Bonifasius diculik dan didakwa dengan bidah. Bonifasius tua diselamatkan, tetapi kemudian mati kaget segera sesudahnya. Penggantinya Paus Benediktus VIII tidak berlangsung lama, mati dalam waktu kurang dari satu tahun, [11] mungkin diracuni melalui penasihat Philip Guillaume de Nogaret. Butuh waktu setahun untuk memilih Paus berikutnya, orang Prancis Clement V, yang juga berada di bawah tekanan kuat untuk membungkuk untuk Philip akan. Klemens Kepausan pindah dari Italia ke Poitiers, Perancis, di mana Philip tetap berpedoman lebih dominasi atas Kepausan dan Templar.
Pemimpin Hospitaller, Fulk de Villaret juga tertunda dalam perjalanan ke Perancis, karena ia terlibat dengan pertempuran di Rhodes. Dia tidak datang sampai akhir Summer, [10] jadi sambil menunggu kedatangannya, Molay bertemu dengan Paus pada hal-hal lain, salah satunya adalah tuduhan oleh satu atau lebih digulingkan Templar yang telah membuat tuduhan dari ketidakpantasan dalam Templar 'inisiasi upacara. Molay sudah berbicara dengan raja di Paris pada 24 Juni 1307 tentang tuduhan terhadap perintah dan sebagian diyakinkan. Kembali ke Poitiers, Molay meminta Paus untuk mendirikan suatu penyelidikan dengan cepat menghapus Orde rumor dan tuduhan-tuduhan di sekitarnya, dan Paus mengadakan penyelidikan pada tanggal 24 Agustus.
[Sunting] Penangkapan

Pada 14 September, Philip mengambil keuntungan dari rumor dan penyelidikan untuk memulai bergerak melawan Templar, mengirimkan sebuah perintah rahasia kepada agen-agen di seluruh wilayah Perancis untuk melaksanakan penangkapan massa dari semua Templar di waktu fajar pada 13 Oktober. Philip ingin para Templar ditangkap, dan harta benda mereka disita, untuk memasukkan kekayaan mereka ke Royal Treasury. Jacques de Molay berada di Paris pada 12 Oktober, di mana ia menjadi pengusung jenazah di pemakaman Catherine dari Courtenay, istri Pangeran Charles dari Valois, dan adik ipar Raja Philip. Dalam serangan fajar pada Jumat, Oktober 13, 1307, Jacques de Molay dan enam puluh dari saudara Templar ditangkap. Philip kemudian harus diisi dengan Templar bidah dan banyak lainnya yang dibuat-buat tuduhan, sebagian besar yang identik dengan tuduhan-tuduhan yang sebelumnya dilontarkan oleh Philip agen terhadap Paus Bonifasius VIII.


Interogasi Jacques de Molay. Cetak abad ke-19
Selama interogasi paksa oleh agen kerajaan di Universitas Paris pada tanggal 24/25, Molay mengakui bahwa ritual inisiasi Templar termasuk "menyangkal Kristus dan menginjak-injak salib". Ia juga dipaksa untuk menulis surat meminta setiap Templar mengakui tindakan ini. Di bawah tekanan dari Philip IV, Paus Klemens V memerintahkan penangkapan semua Templar di seluruh Kristen.


Jacques de Molay dihukum ke saham di 1314, dari Chronicle dari Perancis atau St Denis (abad keempat belas). Perhatikan bentuk pulau, yang mewakili Île de la Cité (Pulau Kota) di Seine di mana eksekusi berlangsung.
Paus masih ingin mendengar Jacques de Molay's sisi cerita, dan mengirim dua kardinal ke Paris pada bulan Desember 1307. Di depan para kardinal, Molay mencabut pengakuan sebelumnya. Sebuah perebutan kekuasaan terjadi antara raja dan paus, yang menetap di Agustus 1308 ketika mereka sepakat untuk membagi keyakinan. Melalui bula kepausan Faciens misericordiam prosedur penuntutan kepada para Templar telah ditetapkan pada dualitas di mana satu komisi akan menilai individu-individu dari Orde dan komisi yang berbeda akan menilai Orde sebagai suatu entitas. Paus Klemens menyerukan konsili ekumenis untuk bertemu di Wina pada tahun 1310 untuk menentukan masa depan Templar. Sementara itu, pejabat Ordo, di antara mereka Jacques de Molay, itu harus dinilai oleh paus.
Di istana kerajaan di Chinon, Jacques de Molay sekali lagi dipertanyakan oleh para kardinal, tetapi kali ini dengan agen kerajaan hadir, dan dia kembali ke penerimaan dipaksa dibuat di 1307. Pada November 1309, Komisi Kepausan Kerajaan Perancis mulai dengar pendapat sendiri, selama Molay lagi yang menarik kembali, yang menyatakan bahwa ia tidak mengakui tuduhan yang diajukan terhadap perintahnya.


Marker dari tempat eksekusi di Paris. (terjemahan: Di lokasi ini, Jacques de Molay, Grand Master terakhir Knights Templar, dibakar di tiang pada 18 Maret 1314), yang terletak dekat tangga dari Pont-Neuf jembatan. Bagian atas foto ini menunjukkan bagian dari pulau di mana eksekusi berlangsung. Bagian bawah menunjukkan plak, yang terletak di salah satu pilar jembatan, di balik pepohonan.
Oposisi lebih lanjut oleh Templar ini secara efektif rusak ketika Filipus digunakan sebelumnya Pengakuan paksa hukuman 54 Templar untuk dibakar di tiang on May 10-12, 1310.
Dewan yang telah dipanggil untuk 1310 tertunda selama dua tahun karena panjang cobaan, tapi akhirnya diadakan pada 1312. Pada tanggal 22 Maret 1312, di Konsili Vienne, Ordo Templar dihapuskan oleh dekrit kepausan.
Hukuman Molay mengambil dua tahun lagi. Pada tanggal 10 Maret 1314, tiga kardinal yang dikirim oleh Paus Molay dihukum dan tiga lainnya pejabat Templar, Hugues de Pairaud, Geoffroi de Charney dan Geoffroy de Gonneville, penjara seumur hidup. Pairaud dan Gonneville menerima nasib mereka, tetapi 70 tahun Jacques de Molay bangkit berdiri dan kembali menarik kembali publik. Rekannya Geoffroi de Charney rally ke sisinya, dan keduanya keras menyatakan diri tidak bersalah dan Order. Tanggapan Philip adalah memerintahkan keduanya akan dieksekusi segera sebagai bidaah kambuh. malam itu, Jacques de Molay dan Geoffroy de Charney dibawa ke Pulau des Juifs, sekarang dimasukkan ke dalam Île de la Cité di Seine River di pusat kota Paris, di mana mereka dibakar di tiang pancang. Menurut legenda, Jacques de Molay meminta tangannya dibiarkan bebas agar ia bisa menjaga mereka tetap bersama-sama dalam doa, sambil menghadap di dekat Katedral Notre Dame. Lain yang sering diceritakan kisah adalah bahwa ia memanggil keluar dari api yang baik Filipus dan Clement akan segera bertemu dengannya di hadapan Allah. Klemens memang mati karena penyakit hanya beberapa bulan kemudian, dan beberapa bulan setelah itu, Philip tewas dalam kecelakaan berburu.
[Sunting] Kematian

Kematiannya tercatat: "Para kardinal dallied dengan tugas mereka sampai Maret 1314, kapan, di tangga di depan Notre Dame, Jacques de Molay, Grand Master Templar, Geoffroi de Charney, Master of Normandia, Ilugues de Peraud, Pengunjung dari Perancis, dan Godefroi de Gonneville, Master of Aquitaine, dibawa keluar dari penjara di mana selama hampir tujuh tahun mereka berbaring, untuk menerima hukuman yang telah disepakati oleh para kardinal, dalam hubungannya dengan Uskup Agung Sens dan beberapa pejabat tinggi gereja yang lain mereka telah disebut masuk Mengingat pelanggaran yang pelakunya telah mengaku dan dikonfirmasi, dikenakan denda dosa adalah sesuai dengan aturan-yang abadi penjara. Perselingkuhan seharusnya berakhir pada saat, ke cemas dari para pejabat gereja dan kekaguman yang berkumpul kerumunan, de Molay dan Geoffroi de Charney muncul. Mereka telah bersalah, kata mereka, bukan dari kejahatan diperhitungkan kepada mereka, tetapi dgn keji mengkhianati Orde mereka untuk menyelamatkan hidup mereka sendiri. Itu adalah murni dan suci; tuduhan itu fiktif dan pengakuan palsu. tergesa-gesa disampaikan para kardinal Prevot mereka ke Paris, dan pensiun untuk memusyawarahkan kontingensi tak terduga ini, tapi mereka menyelamatkan semua kesulitan. "Ketika berita itu dibawa ke Philippe ia sangat marah. Sebuah konsultasi singkat dengan hanya dewan diperlukan. The kanon mengumumkan bahwa seorang kambuh sesat itu untuk dibakar tanpa mendengar; fakta-fakta yang terkenal dan tidak ada penilaian formal oleh komisi kepausan perlu menunggu. Pada hari yang sama, dengan matahari terbenam, setumpuk didirikan di sebuah pulau kecil di Seine, Isle des Juifs, dekat taman istana. Ada de Molay dan de Charney perlahan-lahan dibakar sampai mati, menolak semua tawaran pengampunan untuk pencabutan, dan bantalan menyiksa mereka dengan ketenangan bagi mereka yang memenangkan reputasi martir di antara orang, yang dikumpulkan dengan hormat mereka sebagai sisa-sisa abu '. [12]
[Sunting] Chinon Perkamen
Pada tahun 2002, Dr Barbara Frale menemukan salinan perkamen Chinon di Arsip Rahasia Vatikan, sebuah dokumen yang secara eksplisit menegaskan bahwa pada 1308 Paus Klemens V membebaskan Jacques de Molay dan para pemimpin lainnya termasuk Ordo Geoffroi de Charney dan Hugues de Pairaud. Ia menerbitkan temuan-temuannya dalam Journal of Medieval History pada tahun 2004. [13]
[Sunting] Interpretasi Chinon Perkamen

Perlu dicatat bahwa dalam Gereja Katolik kata "pengampunan" tidak berarti bahwa orang tidak melakukan dosa, justru sebaliknya, hanya bahwa dia mengakui dosa, berjanji untuk menahan diri dari dosa di masa depan, dan adalah karena itu "membebaskan" atau "diampuni" di mata Tuhan (melalui wakil-Nya di bumi, seorang imam, atau dalam kasus ini Kardinal,) dan dengan demikian dapat memasuki Kerajaan Surga setelah kematian. Apa yang berikut dalam penebusan dosa, atau "hukuman", biasanya dalam bentuk doa atau karya atau perbuatan untuk menunjukkan penyesalan yang benar untuk dosa-dosa yang telah diampuni. Dalam kasus ini, itu bisa, (dan mungkin harus) ditafsirkan bahwa Paus dan / atau Cardinals, takut Templar mungkin akan mati prematur, ingin melanjutkan kepalsuan mereka dengan Raja Perancis dalam membuat Templar mengakui kepada Allah dan orang lain yang baik tahu arti dari "pengampunan" bahwa mereka, pada kenyataannya, bersalah atas kejahatan diisi.
[Sunting] Legenda

Tiba-tiba penangkapan Templar, cerita tentang pengakuan yang saling bertentangan, dan kematian dramatis dengan membakar, dihasilkan banyak cerita dan legenda tentang baik Order, dan yang terakhir Grand Master.
[Sunting] Penaklukan Yerusalem


"The capture dari Yerusalem oleh Jacques de Molay di 1299", oleh Claude Jacquand, Versailles, Musée et Trianons Chateau Nasional. Gambaran ini ditugaskan di tahun 1800-an, tetapi adalah tentang sebuah peristiwa di 1299 yang tidak benar-benar terjadi. Tidak ada pertempuran, dan Molay tidak berada di dekat Yerusalem pada waktu itu. [3] Dalam kenyataannya, setelah orang-orang Kristen kehilangan kendali atas Yerusalem pada tahun 1244 itu tidak di bawah kendali Kristen lagi sampai 1917, ketika Inggris mengambil dari Utsmani.
Di Perancis pada abad ke-19, kisah-kisah palsu beredar bahwa Jacques de Molay telah merebut Yerusalem pada tahun 1300. Desas-desus ini mungkin berkaitan dengan fakta bahwa sejarawan abad pertengahan yang Templar Tirus menulis tentang seorang jenderal Mongol bernama "Mulay" yang menduduki Suriah dan Palestina selama beberapa bulan pada awal 1300. [14] The Mongol Mulay dan Templar Jacques de Molay orang yang sama sekali berbeda, tetapi beberapa sejarawan bingung secara teratur dua.
Kebingungan itu disempurnakan pada 1805, ketika Prancis dramawan / sejarawan François Raynouard membuat klaim bahwa Yerusalem telah ditangkap oleh Mongol, dengan Jacques de Molay yang bertanggung jawab atas salah satu divisi Mongol. [14] "Pada 1299, Grand-Master adalah dengan mengambil kesatria di Yerusalem. "[15] Ini kisah tentang angan-angan begitu populer di Prancis, yang pada tahun 1846 sebuah lukisan berskala besar diciptakan oleh Claude Jacquand, berjudul Molay prend Yerusalem, 1299 (" Membawa Molay Yerusalem , 1299 "), yang menggambarkan peristiwa yang seharusnya. Hari ini lukisan menggantung di Aula Perang Salib di museum nasional Perancis di Versailles. [16]
Dalam edisi 1861 Perancis bebas, yang Nouvelle Biographie Universelle, bahkan daftar Jacques de Molay sebagai komandan Mongol dalam "Molay" artikel:
"Jacques de Molay juga tidak aktif dalam keputusan ini, Khan Agung. Hal ini dibuktikan oleh fakta bahwa dalam perintah Molay salah satu sayap pasukan Mongol. Dengan pasukan di bawah kekuasaannya, ia menyerang Suriah, berpartisipasi dalam pertempuran pertama di mana Sultan kalah, mengejar Nasir Malik mengalahkan sejauh gurun Mesir: kemudian, di bawah bimbingan Kutluk, seorang jenderal Mongol, ia mampu mengambil Yerusalem, di antara kota-kota lain, atas umat Islam, dan Mongol masuk untuk merayakan Paskah "
- Nouvelle Biographie Universelle, "Molay" artikel, 1861. [14]
Sejarawan modern Namun, menyatakan bahwa kebenaran masalah adalah ini: Memang ada banyak catatan kuno serangan Mongol dan pekerjaan dari Yerusalem (baik dari Barat, Armenia atau sumber Arab), dan tahun 1300 Mongol telah mencapai kemenangan singkat di Suriah yang menyebabkan seorang muslim mundur, dan membiarkan Mongol untuk memulai serangan ke kawasan Mediterania timur sejauh Gaza selama beberapa bulan. Selama tahun itu, desas-desus terbang melalui Eropa bahwa Mongol telah merebut kembali Yerusalem dan akan kembali ke kota Eropa. Namun, ini hanya sebuah legenda perkotaan, sebagai satu-satunya kegiatan yang bangsa Mongol bahkan telah terlibat dalam beberapa minor penggerebekan melalui Palestina, yang mungkin atau mungkin tidak memiliki bahkan melewati Yerusalem sendiri. [3] [17] Dan terlepas dari apa yang Mongol mungkin atau mungkin tidak dilakukan, Jacques de Molay tidak pernah menjadi komandan Mongol, dan mungkin tidak pernah menginjakkan kaki di Yerusalem.
[Sunting] Kain Kafan dari Turin
Freemason sering menenun legenda di sekitar kehidupan dan warisan Jacques de Molay, mengklaim dengan sedikit atau tanpa bukti bahwa Molay tokoh kunci lain yang berhubungan dengan kisah-kisah misteri. Dalam buku tahun 2001 Mesias Kedua: Templar, Kain Kafan Turin, dan Great Secret of Freemasonry, adalah klaim bahwa Kain Kafan Turin sebenarnya gambar Jacques de Molay, bukan Yesus Kristus sebagai adalah kepercayaan umum.
Tidak ada dasar yang dapat dipercaya mengatakan bahwa Kain Kafan Molay menggambarkan, namun memang benar bahwa tampaknya ada hubungan antara asalnya dari Kain Kafan dari Turin dan Templar. Perancis Knight Geoffroi de Charny 's janda, Jeanne de Vergy, adalah yang pertama tercatat terpercaya pemilik kain kafan Turin. Beberapa percaya bahwa suaminya nama serupa adalah keponakan untuk Geoffroi de Charney Geoffroi de Charney, pembimbing dari Normandia untuk Ksatria Templar, dan rekan Jacques de Molay yang keduanya dihukum penjara seumur hidup dengan dia, dan kemudian dibakar di tiang dengan dia di 1314 setelah keduanya menyatakan mereka tidak bersalah.
[Sunting] Kutukan
Dikatakan bahwa Jacques de Molay mengutuk Raja Philip IV dari Perancis dan keturunannya dari eksekusi tumpukan kayu bakar. Cerita tentang kutukan berteriak tampaknya merupakan kombinasi kata-kata oleh Templar yang berbeda, dan orang-orang dari Jacques de Molay. Seorang saksi mata menyatakan bahwa eksekusi Molay tidak menunjukkan tanda-tanda rasa takut, dan mengatakan kepada mereka yang hadir bahwa Tuhan akan membalaskan dendam kematian mereka. [18] Variasi lain di cerita ini diceritakan oleh penulis sejarah kontemporer Ferretto dari Vicenza, yang menerapkan ide untuk sebuah neapolitan Templar dibawa sebelum Klemens V, yang ia mencela untuk ketidakadilan. Beberapa waktu kemudian, ketika ia akan dihukum mati, dia mengajukan banding 'dari penilaian keji Anda ini ke ruang dan Allah yang benar, yang berada di Surga', peringatan Paus bahwa dalam tahun satu hari, ia dan Philip IV akan diwajibkan untuk menjawab atas kejahatan mereka di hadapan Allah. [19]
Memang benar bahwa Philip dan Klemens V keduanya meninggal dalam tahun Molay eksekusi, Clement akhirnya menyerah pada penyakit yang lama pada April 20, 1314 dan Philip dalam kecelakaan berburu. Kemudian diikuti berturut-turut cepat yang terakhir Capetia langsung raja-raja dari Perancis antara 1314 dan 1328, tiga anak-anak Philip IV. Dalam jangka waktu 14 tahun dari kematian Jacques de Molay, 300 tahun House of Capet runtuh. Rangkaian peristiwa ini membentuk dasar dari Les Rois Maudits (The Terkutuklah Raja-raja), rangkaian novel sejarah yang ditulis oleh Maurice Druon antara tahun 1955 dan 1977, dan yang juga berubah menjadi dua miniseri televisi Perancis pada tahun 1972 dan 2005. [Rujukan?]
Di kejauhan Jerman, Philip kematian dibicarakan sebagai pembalasan atas penghancuran Templar, dan Clement digambarkan sebagai penumpahan air mata penyesalan di tempat tidur kematiannya selama tiga kejahatan besar, yang peracunan Henry VI, dan kehancuran Templar dan Beguines. [20]
[Sunting] Freemasonry
400 tahun setelah kematian Jacques de Molay dan pembubaran Ksatria Templar, urutan persaudaraan Freemasonry mulai muncul di Eropa bagian utara. Dikembangkan para Mason mitos yang rumit tentang Orde mereka, dan beberapa mengklaim warisan dari entitas dalam sejarah, [21] mulai dari mistik Templar ke pembangun Bait Salomo dan piramida. Cerita tentang Jacques de Molay's berani menentang dari inkuisitor, telah dimasukkan dalam berbagai bentuk menjadi pengetahuan Masonik. Beberapa kelompok pemuda modern di Freemasonry bahkan diberi nama setelah Grand Master, seperti DeMolay Internasional. Kisah-kisah para Templar upacara inisiasi rahasia juga membuktikan sebuah sumber menggoda penulis Masonik yang menciptakan karya-karya baru pseudohistory. Seperti dijelaskan oleh sejarawan modern Malcolm Barber dalam The New Knighthood: "Itu selama 1760s bahwa tukang batu Jerman memperkenalkan sebuah koneksi Templar tertentu, menyatakan bahwa Ordo, melalui pendudukan Bait Salomo, telah repositori rahasia kebijaksanaan dan magis kekuasaan, yang Yakobus Molay diwariskan kepada penerusnya sebelum eksekusi dan yang kedelapan belas abad Freemason adalah ahli waris langsung. "[22]

Tidak ada komentar:

Facebook Badge